Biaya Kuliah di STAN

Sekarang mari kita bahas mengenai biaya2 yang dikeluarin kalo lo kuliah di STAN dari awal sampai akhir.
Ini khusus yang di kampus STAN Jakarta aja ya. Kalo yang di daerah lain kami kurang tahu. Pertama jangan bayangin STAN itu letaknya di perkotaan, dekat jalur bus way, samping monas persis.
Kampus Utama STAN sebenarnya letaknya di pinggiran Tangerang dan mepet banget ke Jakarta, bukan Jakarta juga sih, jadi ga kota-kota amat. Jadi sebutan STAN Jakarta selama ini sebenarnya kurang tepat, lebih tepatnya STAN Tangerang.

Katanya GRATISS? Kok ada biayanya…

Yang dimaksud biaya disini ya biaya untuk hidup sehari-hari selama kuliah. SPP dan Uang yang hubungannya dengan kampus itu memang tidak ada lho…Sabar coy…kita jelasin satu-satu ya.

STAN tidak memungut biaya kuliah, jadi tidak ada yang namanya SPP ataupun uang Gedung, tetapi untuk biaya kost (di STAN ga ada asrama), biaya hidup dan biaya lain2 itu menjaadi tanggungan sendiri. Berikut rinciannya (belum termasuk biaya pendaftaran USM yang 150ribu itu ya):SAAT DAFTAR ULANG
di STAN ada biaya daftar ulang, namun jangan harap biaya daftar ulangnya 300 juta. dalam beberapa tahun terakhir biaya daftar ulangnya berkisar antara 600ribu – 800ribu saja. biaya ini sebenarnya bukan biaya yang dipungut oleh lembaga, melainkan oleh BEM. sehingga menjadikan BEM STAN sebagai BEM terkaya di Indonesia. gunanya buat kegiatan kampus selama setahun. maka jangan heran, biaya ikut seminar2 yang diluar harganya ratusan ribu, di STAN seminar serupa tiketnya sepuluh ribu aja. walopun begitu pesertanya biasanya begitu sedikit.
nah, apabila biaya daftar ulang tersebut tidak mampu dibayar, maka lo bisa ngajuin keringanan ke mas petugasnya. syaratnya bawa surat keterangan ga mampu dari desa (Q: “loh kak, rumahku kota tu, trus gimana???? :p” A: “#tssssah!! -___-”), keringanan ini bentuknya bisa keringanan sebagian, bisa keringanan total. buat yang ngajuin keringanan, maka nanti akan diwawancarai oleh mas petugasnya.BIAYA KOST
mayoritas anak STAN itu kost, karena memang mayoritas dari daerah, sedangkan yang rumahnya dekat2 STAN ya ga terlalu banyak juga. biaya kost di STAN ngitungnya per tahun, bukan bulanan. rata-rata kosan cewek biayanya lebih mahal dari kosan cowok.

nah, based on cewek banyak maunya diatas, biaya kos cewek sekamar rata-rata 4-7 juta setahun sekamar. sedangkan cowok raat-rata harganya antara 3-6 juta setahun sekamar. kalo dirasa kemahalan, kalian bisa ngekos sekamar dua anak. jadi biayanya dibagi 2. atau bisa juga ngontrak, contohnya kontrakan saya totalnya 11 juta setahun dibagi 5 anak. masalah nyarinya ga usah khawatir, hubungi aja kaka kelas SMA dulu, pasti dibantu kok:) kalo ga punya kakak kelas bisa nyari sendiri. kalo masih mahal, baca note ini sampai habis, nanti ada solusinya :)

atau kalo pengen lebih murah lagi kalian bisa tinggal di “pondok paman indah”, “wisma sepupu ayah” atau “perumahan saudara ibu” saya jamin, tinggal, makan, dan lain2 GRATIS!!! (✿◠‿◠)

MAKAN
kalo makan ini tergantung masing-masing. kalo nasi ama sayur doank, ya skitar 2000 kalo ma sayur tahu tempe, 3000 lah sekali makan. kalo nambah telur ya 4000-5000an. kalo pengen lebih murah bisa katering. biayanya sebulan antara 200-300ribu. sehari jatahnya 2 kali. kalo mau makan enak ya antara 6-9ribu. kalo minum biasanya belinya aqua galonan. per galon biasanya cukup buat 2 minggu / anak. segalon aqua harganya 12ribu, kalo VIT 9ribu, kalo pengen yang lebih murah beli isi ulang aja, 2ribulimaratus. kalo pengen yang gratisan, dimakan aja di warungnya, trus kalo ditanya penjualnya: “minumnya apa mas?”, jawab: “air putih”. (✿◠‿◠)

LISTRIK DAN PULSA
listrik disini tergantung kebijakan kos, beberapa kos udah menyertakan biaya listrik pada biaya sewa, tapi sebagian tidak. jadi tanyakan dulu sebelum menyewa, apakah harga yang ditawarkan udah termasuk listrik apa belum. kalo masalah pulsa itu tergantung pemakaian. kalo sering telpon2nan, sms2an, ngenet, dsb ya bisa banyak. tips: telpon orang tua nya tengah malem aja, trus kalo ngenet pake 0.facebook.com, 0.twitter.com, 0.google.com #ngarep :p

BUKU, FOTOKOPI, TUGAS, TUGAS AKHIR
di STAN sebenarnya ada perpus yang bukunya bisa dipinjem, namun kadang bukunya sudah habis atau buku yang dosen sarankan tidak ada di perpus. di STAN buku2 yang biasanya dipake dosen sudah ada di fotokopian, jadi tinggal bilang ke mas fotokopi, “mas fotokopi buku judul ini dunk” maka masnya udah ngerti. kalo mau hemat, pinjem aja punya kakak kelas aja. kalo udah naik tingkat, biasanya buku2 tsb emang ga kepake. trus kalo masalah tugas itu tergantung dosennya, ada yang ngasih tugasnya cuma ngerjain soal di buku, ada yang buat makalah. nah mungkin untuk buat makalahnya ini yang keluar biaya, namun termasuk jarang kok. may be 2-4 minggu sekali. kalo tugas akhir (kalo S1 namanya skripsi) ga keluar uang banyak kok, mungkin akan sedikit menyita uang di print dan jilid. print nya per lembar paling murah 200rupiah..

HIBURAN

Kalau biasya ini mah sebenarnya tergantung kita, biasanya kalau lg abis dapet kiriman langsung deh…tapi klo dah tipis ya kita mah biasanya menyesuaikan diri dengan keadaan kantong. :D

Disadur dengan perubahan.

http://bimbelstangratis.blogspot.com/2011/11/biaya-biaya-selama-kuliah-di-stan.html

Share this post:

Recent Posts

Leave a Comment